Visi Madrasah yakni Membangun manusia yang berilmu amalia dan beramal ilmiah dan menjunjung tinggi nilai-nilai akhlaqiyah dan nilai-nilai budaya bangsa.
Misi Madrasah yaitu Menyelenggarakan pendidikan secara professional, inovatif dan selalu berupaya meningkatkan pelayanan dan kepuasan stakeholder .
Untuk mewujudkan misi yang telah dirumuskan maka langkah-langkah nyata yang harus dilakukan oleh madrasah adalah :
- Meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang dijiwai oleh keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ).
- Meningkatkan prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi.
- Menyelenggarakan pendidikan yang senantiasa berakar pada nilai-nilai islami, adat-istiadat dan budaya masyarakat dengan tetap mengikuti perkembangan dunia global.
- Mengembangkan dan melaksakan proses pendidikan dan penelitian melalui kegiatan proses pembelajaran yang berkualitas.
- Mengoptimalkan hubungan kerjasama dengan semua komponen masyarakat dan instansi terkait serta pemberdayaan Komite Madrasah sebagai pendukung utama dalam mencapai Visi yang telah ditentukan.
Tujuan Madrasah (5 tahun) ke depan yakni
- Sembilan puluh persen (90%) guru mampu mengembangkan dan melaksanakan Kurikulum MAN 2 Banggai yang berbasis Kompetensi dan Tekhnologi.
- Seratus pesen (100 %) siswa mampu menguasai penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
- Jumlah siswa yang dapat diterima di PT terkemuka melalui jalur tes maupun non tes lebih dari empat puluh lima persen (45 %)
- Meningkatkan jumlah siswa yang mengikuti dan berprestasi dalam lomba olimpiade Sains dan lain-lain.
- Memiliki kelompok PMR, Pramuka, Tim Seni, Tim Olahraga, dan Paskibraka yang mencapai prestasi tertinggi dalam lomba di tingkat Kota, Privinsi, dan Nasional.
- Menerapkan manajemen partisipatif dalam pengelolaan madrasah dengan melibatkan seluruh stakeholder.
- Melaksanakan manajemen berbasis kelas dalam kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM).
- Kehadiran siswa dalam mengikuti pelajaran > 95%, Ketidakterlaksanaan jam pelajaran <10%.
- Tingkat kinerja guru mata pelajaran dan guru BK > 90%
- Tingkat kinerja Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, dan Kepala Tata Usaha > 95%
- Tingkat kinerja Pegawai Tata Usaha, Pengelola perpustakaan, Pengelola Laboratorium IPA/ Komputer, Satpam > 90%
- Memberikan pelayanan kepada stakeholder dan masyarakat secara cepat, tepat, transparan, dan akuntabel.
- Tingkat pelanggaran tata tertib madrasah maksimal 5%
- Interaksi di antara siswa, guru, dan pegawai menggambarkan anggunnya beretika.
- Meningkatkan rasa kekeluargaan dan saling menghargai sesama warga madrasah.
- Lingkungan Madrasah semakin tertib, aman, dan asri, serta mempertahankan predikat terbaik sebagai madrasah yang berwawasan lingkungan.
- Tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang Aktivitas belajar baik di kelas maupun di luar kelas.