Belajar Demokrasi, Pemilihan Ketua OSIS MAN 2 BANGGAI Berbasis Digital

Belajar Demokrasi, Pemilihan Ketua OSIS MAN 2 BANGGAI Berbasis Digital

Masama, Banggai (Kehumasan) – MAN 2 Banggai menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2023-2024 berbasis Digital seperti pemilihan umum (pemilu), Rabu (25/01). Kegiatan ini di gelar di halaman madrasah. Tujuannya adalah memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.

Sebelum melakukan kegiatan Pemilos, panitia pelaksana melaksanakan acara Pembukaan kegiatan selama 30 menit yang mana Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Pembina OSIS dan dewan guru  yang sempat hadir bersama-sama dalam acara pembukaan Pemilihan OSIS ini.

Kepala MAN 2 Banggai dalam sambutannya mengatakan pemilihan Ketua OSIS ini layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin yang sudah digelar setiap tahun. Kemudian dalam sambutan Waka Kesiswaan MAN 2 Banggai bahwa setelah kegiatan ini dilaksanakan kiranya dapat memberikan kesadaran dan pembelajaran demokrasi untuk semua siswa MAN 2 Banggai lebih baik lagi ke depan. Diakhiri sambutan Pembina OSIS, untuk kegiatan Pemilos kali ini sedikit memberikan warna baru yang positif terutama dalam hal dunia Digital (E-Voting) bagi generasi penerus bangsa.

Tepat pukul 09.00 pagi puluhan siswa nampak mengantre ke panitia pelaksana kegiatan Pemilos untuk meminta User dan Password Data Pemilih Tetap. Setelah siswa DPT sudah mendapatkan User dan Password maka siswa DPT menuju ke Meja Pemilihan Digital yang di setiap PC Leptop terdapat dewan Pendamping masing-masing. Acara ini berlangsung dengan aman dan tertib hingga pukul 13.20 WITA.

“Kegiatan Pemilos ini diawali dengan penjaringan, Seleksi, debat kandidat, pemaparan visi dan misi dan diakhiri dengan Pemilihan”, kata Jamriah H selaku Pembina OSIS.

Setelah itu kata Ibu Jamriah dilanjutkan dengan melihat bersama sama Quick Count pada aplikasi E-Voting Pemilihan Ketua OSIS yang dipandu oleh Tim Teknis Kegiatan. Dari hasil Quick Qount, suara yang masuk sebanyak 194 suara yakni suara sah dan 16 suara tidak sah alias tidak memilih. Berikut perolehan suara untuk masing-masing calon Ketua OSIS MAN 2 Banggai 2023-2024.

 

No. Urut

 

 

Nama Calon

 

 

Kelas

 

 

Jumlah Suara

 

 

Peringkat

 

02

Nurwafa Wafia Abas dan Muh. Aditya Muhidin

XI IPA 2 dan X IPA 1

104

1

01

Maulia Nalda Bungada dan Rahmawati Mr. Pitu

XI IPS dan X IPA 2

90

2

 

Jumlah Suara

 

194

 

Syukur Alhamdulillah tak menyangkah kandidat nomor urut 02 lah yang menjadi pemenangnya yakni atas nama Nurwafa Wafia Abas bersama Muh. Aditya Muhidin, dengan memperoleh jumlah voting 104 suara.

Beberapa siswa mengatakan ketika mereka ditanya oleh panitia pelaksana Pemilos, akan memilih yang seperti apa ? apa yang cantik atau yang ganteng ? kemudian mereka menjawab yang terpenting adalah apakah kandidat pemenang nanti bisa mewujudkan visi dan misi yang mereka sudah jabarkan sebelumnya untuk kemajuan madrasah tercinta kita. Waaah hebaat yaah… jadi yang belum menjadi pemenang jangan berkecil hati karena seperti pepatah mengatakan ketika kita dalam pertarungan pasti akan ada si pemenang dan si belum beruntung, ujar salah satu pengurus OSIS. Tetaplah semangat untuk tetap belajar…

 

 
Penulis : Jamriah H, Jumawati H
Foto : Fathal M.M, Reza A
IT Support : Darmawan K.W dkk
  • Bagikan:

Galeri dan Dokumentasi