Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) OSIS MAN 2 Banggai Periode 2023-2024

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) OSIS MAN 2 Banggai Periode 2023-2024

 
 
 
 
 
 
Pemberian Materi LDKS oleh Ketua OSIS “Syariv Avrizal T” (Foto : Reza Aditya XII IPS1)

Padangon, Banggai – kita ketahui bersama Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah sebuah pelatihan dasar yang menjadi salah satu program kerja Kesiswaan di sebuah Lembaga. Biasanya diadakan setelah atau sebelum Reorganisasi Pengurus OSIS dipilih dan anggota kegiatan ekstrakurikuler yang telah dinyatakan dterima dilantik menjadi bagian organisasi secara penuh. LDK dapat dikategorikan sebagai bagian dari pelatihan dan pengembangan SDM, yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan SDM organisasi yang di sekolah agar memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja secara efektif.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) juga merupakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin organisasi. Salah satu tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu untuk membangun karakter pribadi (personality) supaya semakin baik kedepan.

 
 
 
 
 
Suasana LDKS berlangsung (Foto : Fathal Mufida XI IPS)

Semua calon pengurus OSIS yang baru harus mengikuti LDKS karena memiliki tujuan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi serta mempunyai banyak manfaat kedepannya.

Jumat, 20 Januari 2023 Kegiatan LDKS di laksanakan di gedung MAN 2 Banggai dengan memberikan materi-materi dasar kepemimpinan. Acara ini diselenggarakan sore hari mengingat waktu pagi hari ada  kegiatan belajar mengajar, dilaksanakan dari mulai pukul 15.15 – 16.15 sore. Adapun Materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah :

  1. Materi tentang Kepemimpinan dan Keorganisasian, dibawakan oleh: Syariv Avrizal Timbang
  2. Materi tentang Public Speaking, dibawakan Oleh: Aviva Dinanti Lambalano
  3. Materi tentang Motivasi Belajar dan Manajemen Diri, dibawakan oleh: Nurul Afni Awalia
  4. Materi tentang Problem Solving, dibawakan oleh: Nadita Salvina
  5. Materi tentang Kebendaharaan, dibawakan oleh: Mulianti Djohan
 
 
 
 
 
 
 
Peserta LDKS sedang menerima Materi (Foto : Fathal Mufida kls XI IPS)

Kegiatan yang mengusung tema "Membentuk Kader-kader Pemimpin Bangsa yang Berkualitas, Berkompeten, Bertanggungjawab dan Penuh Dedikasi" ini dibuka oleh Ibu Jamriah Habia, S.Pd selaku pembina OSIS MAN 2 Banggai, dalam sambutannya menekankan agar seluruh Peserta LDKS ini bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, yang didasari oleh kebutuhan sebagai calon pemimpin yang pada akhirnya akan didapatkan pemimpin yang Beriman, Berbudi Pekerti luhur, Bertanggung Jawab dan Mandiri, demikian pungkasnya.

Dalam sambutan penutupnya Ibu Jamriah Habia, S.Pd menekankan agar sama-sama berjuang untuk memajukan OSIS MAN 2 Banggai dan tunjukan kepada madrasah-madrasah lain bahwa kita (OSIS MAN 2 Banggai) juga bisa. Sekian dan terima kasih.

 

Penulis : Jamriah Habia, S.Pd (Pembina OSIS) dan Jumawati Habia, S.Pd (Guru)
  • Bagikan:

Galeri dan Dokumentasi